Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pengembangan Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Nasional

- 19 Desember 2022, 11:45 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pengembangan koperasi sebagai wajah ekonomi Pancasila dan soko guru perekonomian nasional.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pengembangan koperasi sebagai wajah ekonomi Pancasila dan soko guru perekonomian nasional. /Dok MPR RI/

 


PORTAL PEKALONGAN - Ada asumsi yang berkembang di masyarakat bahwa eksistensi koperasi dipandang kuno, ketinggalan zaman, serta tidak kompatibel dengan masyarakat modern yang cenderung kapitalistik.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menegaskan asumsi tersebut tidak benar.

Bamsoet mengungkapkan, faktanya di negara-negara maju, koperasi mampu meraih posisi tawar dan kedudukan penting dalam konstelasi kebijakan ekonomi, termasuk dalam perundingan internasional.

Baca Juga: Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pemerintah Berikan Insentif untuk Kendaraan Listrik

Bamsoet memaparkan, data pada 2017, dari 300 koperasi terbaik di dunia, 100 unit di antaranya ada di Amerika Serikat (AS), sebuah negara kapitalis.

Kemudian merujuk pada laporan International Labour Organization tahun 2009, kinerja koperasi di seluruh sektornya, terbukti lebih mampu bertahan di tengah resesi ekonomi dibanding entitas ekonomi lainnya.

Saat ini pun banyak koperasi di negara-negara maju di Eropa dan AS yang menjadi korporasi besar, baik pada sektor pertanian, industri manufaktur, dan perbankan yang memiliki kemampuan untuk bersaing dengan korporasi kapitalis.

"Jika di negara kapitalis saja, koperasi mampu berkembang, maka di negara demokrasi Pancasila, seharusnya koperasi jauh lebih maju. Jadi, asumsi bahwa koperasi tidak mampu beradaptasi dengan modernitas zaman adalah asumsi yang keliru," tegas Bamsoet, dilansir Portalpekalongan.com dari siaran pers, Senin 19 Desember 2022.

Baca Juga: Simak Respons Ketua MPR RI Bamsoet, Pemerintah Pastikan Cukai Rokok Naik Mulai 1 Januari 2023

Halaman:

Editor: Arbian T

Sumber: Siaran Pers MPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x