Perkuat Sistem Pembayaran Digital, Jokowi: Belanja Pemerintah Harus Gunakan Ini agar Lebih Transparan

- 8 Mei 2023, 14:46 WIB
Presiden Joko Widodo membuka Festival Ekonomi Keuangan Digital (Fekdi) secara virtula, di Jakarta, Senin 8 Mei 2023.
Presiden Joko Widodo membuka Festival Ekonomi Keuangan Digital (Fekdi) secara virtula, di Jakarta, Senin 8 Mei 2023. /ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas/aa/

PORTAL PEKALONGAN - Untuk memperkuat sistem pembayaran digital perlu dilakukan inovasi dalam penyediaannya. Pemerintah misalnya, perlu menggunakan kartu kredit pemerintah agar belanja pemerintah pusat dan daerah lebih mudah, lebih transparan, dapat meningkatkan efisiensi, dan memudahkan dala pertanggungjawaban.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital (Fekdi) yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Seni 8 Mei 2023.

"Kunci untuk terus tumbuh dan berkembang adalah inovasi dan kepercayaan, (yakni) inovasi dalam penyediaan sistem pembayaran berbasis digital serta keamanan dan perlindungan masyarakat," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ekonomi Jateng Tumbuh di Atas Ekonomi Nasional, Panen Raya dan Ramadan Pendukung Utama

Menurut Jokowi, tak hanya itu, di kawasan ASEAN juga perlu dilakukan pengembangan konektivitas pembayaran digital seperti QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) antarnegara.

Hal itu, lanjut orang nomor satu di Indonesaia itu, juga mendesak untuk terus diperkuat pengembangannya sehingga semua negara anggota ASEAN terkoneksi dengan baik.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan untuk mendukung perekonomian dan inklusi keuangan di kawasan ASEAN dan akan menjadi bagian penting dari keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.

Baca Juga: BPS Catat Ekonomi Tumbuh 5,03 Persen Triwulan I 2023, BI Prediksi hingga Akhir Tahun Tetap Tangguh

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x