5 Saham BUMN Ini Paling Diburu di Bursa Efek Indonesia, Ayo Siapa Ikut?

- 11 Mei 2023, 10:23 WIB
Ilustrasi jual beli saham.
Ilustrasi jual beli saham. /K Jusyak/

PORTAL PEKALONGAN - Siapa pun tahu, perusahaan milik negara selalu terlihat lebih baik dibanding perusahaan milik swasta murni. Sebab, perusahaan milik negara yang kemudian disebut Badan Usaha Milik Negara (BUMN) punya modal sangat kuat karena dibekingi APBN, sedangkan perusahaan swasta murni rawan kolaps. Karena itu, saham-saham milik BUMN selalu diburu calon investor.

Hal itu diperkuat dengan bukti bahwa saham dari perusahaan BUMN yang go public kebanyakan mencatatkan kinerja yang baik sepanjang tahun, bahkan masuk daftar blue chip, sehingga punya ketahanan yang tinggi.

Alasan lainnya, misalnya saat terjadi penjualan saham secara masif, perusahaan dapat melakukan buy back atau membeli kembali sahamnya dengan mudah, lagi-lagi karena perusahaan BUMN mendapat dukungan penuh dari pemerintah yang bisa menyiapkan dana besar sewaktu-waktu.

Baca Juga: Jokowi Optimistis ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan, Ajak Anggota Perkuat Kolaborasi dan Persatuan

Namun meski jumlah perusahaan BUMN sangat banyak, meliputi berbagai sektor usaha, belum semuanya go public sehingga nama sahamnya pun belum terdaftar di BEI.

Setidaknya, ada lima perusahaan BUMN yang sudah go public sehingga sahamnya turut meramaikan BEI, dan kelima saham itu kini jadi incaran para calon investor.

1. BBNI dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

PT Bank Negara Indonesia merupakan salah satu BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Saham BBNI sudah tercatat di BEI sejak 1996.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: rhbtradesmart.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x