Ekonomi Islam dan Solusi Resesi, Prof Ahmad Rofiq: Butuh Respons Cerdas, Strategis, dan ... - 1

- 11 Mei 2023, 20:41 WIB
Prof Ahad Rofiq diundang oleh DPW Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Jawa Tengah yang hari ini dilantik oleh DPP IAEI, dan menggelar Rapat Kerja dan seminar nasional bertajuk “Penguatan, Pemulihan, dan Stabilitas Ekonomi Indonesia pada Gejolak Ekonomi Global 2023” di Kampus Unimus Semarang.
Prof Ahad Rofiq diundang oleh DPW Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Jawa Tengah yang hari ini dilantik oleh DPP IAEI, dan menggelar Rapat Kerja dan seminar nasional bertajuk “Penguatan, Pemulihan, dan Stabilitas Ekonomi Indonesia pada Gejolak Ekonomi Global 2023” di Kampus Unimus Semarang. /Ali A/


Oleh: Ahmad Rofiq*)

PORTAL PEKALONGAN - Saya mendapat kehormatan diundang oleh DPW Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Jawa Tengah yang hari ini dilantik oleh DPP IAEI, dan menggelar Rapat Kerja dan seminar nasional bertajuk “Penguatan, Pemulihan, dan Stabilitas Ekonomi Indonesia pada Gejolak Ekonomi Global 2023” di Kampus Unimus Semarang.

Diundang sebagai salah satu narasumber dalam seminar tersebut, saya merasa perlu hadir, karena kebetulan diamanati sebagai salah satu anggota Dewan Penasihat DPP IAEI.

Saya membersamai Ketua Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Pusat, Arif Hartawan, saudara baru asli Kota Kudus, Muhammad Ismail Riyadi, Kepala Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah OJK Pusat, dan Assoc. Prof. Sutan Emir Hidayat, Ph.D. Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNEKS dan juga Wakil Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan DPP IAEI.

Baca Juga: LPDP Kementerian Keuangan RI Buka Lowongan Kerja, Simak Informasinya di Sini

Dampak nyata yang dirasakan oleh banyak negara paska pandemi Covid-19 adalah munculnya resesi ekonomi global.

Implikasinya Indonesia sebagai negara yang sudah masuk G-20, juga terdampak. Ini membutuhkan respons cerdas, strategis, dan sekaligus memberikan solusi cepat untuk mengantisipasi dan mitigasi risiko dari para pemikir, pelaku, dan pegiat ekonomi Islam di Indonesia, khususnya IAEI Jawa Tengah.

Ekonomi Islam hadir bersama dengan ajaran Islam secara keseluruhan, yang seolah mengalami kelahiran kembali di negeri ini, baru di tahun 1990-an, -- meskipun sebenarnya ketika lahir Serikat Dagang Islam dan bermetamorfosis menjadi partai politik -- tentu diharapkan dapat memberi solusi yang mampu menghadirkan ketercukupan dan kebahagiaan.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dihindari Selama Proses Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Prof Ahmad Rofiq


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x