Ekonomi Islam dan Solusi Resesi, Prof Ahmad Rofiq: Islam Punya Konsep dan Tawarkan Strategi - 2

- 11 Mei 2023, 20:54 WIB
Prof Ahmad Rofiq  diundang oleh DPW Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Jawa Tengah yang hari ini dilantik oleh DPP IAEI, dan menggelar Rapat Kerja dan seminar nasional bertajuk “Penguatan, Pemulihan, dan Stabilitas Ekonomi Indonesia pada Gejolak Ekonomi Global 2023” di Kampus Unimus Semarang.
Prof Ahmad Rofiq diundang oleh DPW Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Jawa Tengah yang hari ini dilantik oleh DPP IAEI, dan menggelar Rapat Kerja dan seminar nasional bertajuk “Penguatan, Pemulihan, dan Stabilitas Ekonomi Indonesia pada Gejolak Ekonomi Global 2023” di Kampus Unimus Semarang. /Ali A/


Oleh: Ahmad Rofiq*)
PORTAL PEKALONGAN - Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksikan dunia memasuki resesi pada tahun 2023. Hal ini disebabkan karena sebagian besar negara meningkatkan suku bunga secara bersamaan sehingga berimplikasi pada krisis pasar keuangan dan pelemahan ekonomi.

Karena sistem ekonomi Islam juga masih belum menjadi sistem ekonomi yang berdiri sendiri, maka resesi dunia akibat sebagian besar negara menaikkan suku bunga, maka berimplikasi pada ekonomi Indonesia.

Bagaimana ekonomi Islam menawarkan konsep dan solusi strategis atas resesi global yang berdampak pada resesi ekonomi Indonesia?

Resesi adalah kondisi perekonomian suatu negara menurun dalam jangka waktu lama dan stagnan mulai dari berbulan-bulan hingga tahunan.

Hal ini dapat memicu menurunnya seluruh aktivitas ekonomi, mulai dari keuntungan perusahaan menurun, angka pengangguran meningkat, dan investasi melambat.

Baca Juga: Ekonomi Islam dan Solusi Resesi, Prof Ahmad Rofiq: Butuh Respons Cerdas, Strategis, dan ... - 1

Di antara pemicunya: pandemi Covid-19, tingginya inflasi, dampak perang Rusia-Ukraina, kenaikan suKu bunga, dan permintaan menurun sementara suplaI melimpah.

Islam mempunyai konsep dan menawarkan strategi untuk memberi solusi permasalahan di segala bidang, termasuk mengatasi resesi ekonomi.

1). Ekonomi Islam dibangun atas dasar sektor rill yang berperan penting dalam proses pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Prof Ahmad Rofiq


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x