Hasil Program Internasionalisasi Santri Rumah Pintar Dr Tus: 53 Santri Sabilurrosyad Lulus Diuji Juri Kamboja

- 26 Mei 2024, 19:30 WIB
Dua dari 53 santri Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah Banjarnegara mengikuti Uji Kompetensi Program Internasionaisasi Santri untuk tahun Pelajaran 2023/2024 dan dinyatakan lulus hari ini (26/5).
Dua dari 53 santri Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah Banjarnegara mengikuti Uji Kompetensi Program Internasionaisasi Santri untuk tahun Pelajaran 2023/2024 dan dinyatakan lulus hari ini (26/5). /Ali A/

PORTAL PEKALONGAN - BANJARNEGARA - Luar biasa hasil Program Internasionalisasi Santri digagas oleh Rumah Pintar Dr Tus bekerjasama dengan Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah.

Sebanyak 53 santri Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah Banjarnegara mengikuti Uji Kompetensi Program Internasionaisasi Santri untuk tahun Pelajaran 2023/2024 dan dinyatakan lulus hari ini (26/5).

"Uji kompetensi dilaksanakan secara lisan setelah sebelumnya dilakukan uji kompetensi secara tertulis," kata CEO Rumah Pintar Dr Tus, Dr Tuswadi.

Dr Tuswadi menambahkan bahwa uji kompetensi kali ini berupa pidato keislaman tanpa teks dalam Bahasa Inggris dengan dua topik yakni “Pemeliharaan Kelestarian Lingkungan Hidup” dan “Peran Generasi Muda dalam Pembangunan Bangsa”.

Baca Juga: 10 Game Battle Royale Terfavorit untuk Dimainkan, Gamers Merapat!

"Program Internasionalisasi Santri digagas oleh Rumah Pintar Dr Tus bekerjasama dengan Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah bertujuan mendidik para santri memiliki keterampilan berbahasa Inggris dan Jepang untuk keperluan studi lanjut dan dakwah ke luar negeri," jelas Dr Tuswadi.

Uji kompetensi dinilai oleh tiga anggota dewan juri dari dalam negeri dan mancanegara yakni Hari Widi Utomo (dosen Bahasa Inggris IT Telkom Purwokerto), Ung Pengseng (mahasiswa internasional asal Kamboja), dan Nurul (mentor Rumah Pintar Dr Tus).

Pidato Bahasa Inggris dinilai dalam 4 hal yakni kelancaran (fluency), penampilan (performance), dan eagerness (semangat dalam memotivasi audience). Para santri tampil maksimal setelah selama satu bulan mereka berlatih di bawah bimbingan para mentor Rumah Pintar.

Baca Juga: Kepala BBPMP Jateng: Anak-Anak Bisa Mandiri ketika Mereka Belajar Sesuai Minat dan Bakat

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah