Kuliah Umum Uniba Airlangga Hartanto Dorong Akademisi Kampus Kembangkan Hidyro Power Tunjang Pembangunan IKN

- 19 Juni 2022, 22:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. /Dok Kemenko Perekonomian

PORTAL PEKALONGAN - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto berkesempatan mengisi kuliah umum di Universitas Balikpapan (Uniba), Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu 18 Juni 2022.

Dilansir Portalpekalongan.com dari Antaranews.com, Kemenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pembangunan IKN membutuhkan kolaborasi dan partisipasi dari pihak terkait, yang tentunya harus sejalan dengan strategi pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah.

Selain itu, pembangunan IKN tentunya membutuhkan suplai sumber daya manusia (SDM) berkualitas, khususnya dari penduduk sekitar IKN.

Baca Juga: Menko Perekonomian Airlangga Hartanto: Pembangunan IKN sebagai Economic Super Hub Stimulus Pemerataan Ekonomi

Oleh karenanya, peningkatan anggaran pendidikan nasional menjadi salah satu jalan bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM dengan alokasi dana pendidikan pada 2022 Rp542,8 triliun.

Lebih lanjut, Airlangga Hartarto menyebutkan Center of excellence yang dibutuhkan di IKN, misalnya tentang green city, transformasi digital, dan pembangunan teknologi hydro power.

Kalimantan yang di hilirnya bisa membangkitkan industri berbasis hidrogen, bisa didorong dari pusat studi Universitas Balikpapan.

Airlangga Hartarto juga ingin startup unicorn baru suatu saat bisa muncul dari inisiatif mahasiswa Universitas Balikpapan.

Baca Juga: Hoax! Berita Viral Menag Pakai Dana Haji untuk Bangun IKN Nusantara, Begini Faktanya

Halaman:

Editor: Arbian T

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x