Cabai Komoditas Utama yang Mempengaruhi Inflasi dan Deflasi di Jateng, Tri Karjono: Harganya Sangat Fluktuatif

- 6 Juli 2022, 18:45 WIB
Data BPS Jateng, cabai sati dari 5 komoditas yang sangat mempengaruhi inflasi dan deflasi Jateng
Data BPS Jateng, cabai sati dari 5 komoditas yang sangat mempengaruhi inflasi dan deflasi Jateng /Dwi Widyatuti/

PORTAL PEKALONGAN - Cabai menjadi salah satu komoditas utama yang memengaruhi inflasi dan deflasi di Jateng.

Kapok lombok! Idiom itulah yang seringkali kita dengar dari masyarakat Jawa. Idiom itu tak lepas dari sepedas apapun rasa cabai, orang tetap membutuhkannya. Cabai telah menjadi bagian dari kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Statistisi Ahli BPS Jateng Tri Karjono menyatakan, belakangan cabai menjadi salah satu topik pembicaraan di masyarakat, karena harganya yang cukup mengusik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 4 SD MI Halaman 19 20 Kurikulum Merdeka: Perhitungan Bilangan Bulat Besar

Harga cabe di Kota Semarang sebagai barometer Jateng, menurut catatan Sihati (Sistim Informasi Harga dan Produksi Komoditi), selama bulan Januari 2022 mengalami sedikit penurunan.

"Kemudian naik kembali dari awal hingga akhir Februari 2022 yang menembus harga Rp58 ribu per kg. Satu setengah bulan kemudian kembali mengalami penurunan hingga sempat berada pada harga yang cukup rendah pada pertengahan April 2022 yaitu sekitar Rp 20 ribu per kg," katanya.

Berikut ini adalah pernyataan dari Tri Karjono tentang 5 komoditas utama yang memengaruhi inflasi dan deflasi di Jateng.

Hingga hari ini Rabu 5 Juli 2022, harga cabai terus mengalami kenaikan yang bisa dibilang tak terkendali.

Baca Juga: Isi Khotbah Wukuf Nabi Muhammad Saw, Prof Ahmad Rofiq: Singkat, Namun Universal, Humanistik, dan Komprehensif

Cabai merah misalnya, minggu ini telah menembus harga Rp88 ribu per kg. Bahkan di beberapa wilayah lebih dari itu. Artinya sejak dua setengah bulan terakhir di Kota Semarang telah terjadi lonjakan harga sebesar 340 persen. Bahkan melebihi kebiasaan naiknya harga komoditas ini saat Lebaran.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: BPS Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah