Pertumbuhan Ekonomi Jateng Sangat Bergantung Perkembangan Produksi Industri Manufatur, Ini Penjelasannya

- 20 Juli 2022, 14:59 WIB
Tri Karjono menyampaikan paparan pada Sosialisasi Sata Statistik Industri Sedang dan Besar di Hotel Santika Pekalongan 20 Juli 2022.
Tri Karjono menyampaikan paparan pada Sosialisasi Sata Statistik Industri Sedang dan Besar di Hotel Santika Pekalongan 20 Juli 2022. /Ali A/

PORTAL PEKALONGAN - Dapat dikatakan tumbuh atau justru terkontraksinya kondisi ekonomi Jawa Tengah sangat tergantung pada tumbuh tidaknya perkembangan produksi industri manufaktur.

Selama ini lebih dari sepertiga dari besaran PDRB sebagai indikator seberapa besar tumbuhnya ekonomi Jawa Tengah sangat dipengaruhi nilai tambah yang dihasilkan dari kegiatan ekonomi lapangan usaha ini.

Hal ini disampaikan Tri Karjono, Statistisi Ahli BPS Provinsi Jawa Tengah didampingi Nugroho Imam Darodjat, saat menyampaikan paparannya di depan para pengusaha industri sedang dan besar wilayah Batang dan Pekalongan pada Bimtek dan Sosialisasi Impelentasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko 20 Juli 2022.

Baca Juga: Keutamaan 3 Waktu Sholat Dhuha Menurut Ustadz Adi Hidayat, yang Pertama Masih Jarang Orang Tahu

Kegiatan itu diselenggarakan oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah di Hotel Santika Pekalongan.

Lebih lanjut dikatakan, secara rutin BPS melakukan pendataan perusahaan industri sedang dan besar dengan periode bulanan dan tahunan.

Pada periode bulanan, setiap bulan BPS melakukan pendataan terhadap ratusan sampel perusahaan industri yang secara metodologi dapat menggambarkan kondisi populasi terkait perkembangan jumlah dan nilai produksi serta jumlah tenaga kerja setiap perusahaan.

"Perkembangan variabel tersebut akan diikuti setiap bulan sebagai bahan penghitungan seberapa besar pertumbuhan atau nilai tambah sektor ini hingga sub sektornya dalam kurun waktu tertentu," jelasnya.

Baca Juga: Sinopsis Gopi Hari Ini 20 Juli 2022: Mansi Menyiksa Gopi Dengan Kursi Listrik, Tolu Ingin menyelamatkanya

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: BPS Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah