Joko Widodo Terima Penghargaan Swasembada Pangan dari IRRI

- 14 Agustus 2022, 21:41 WIB
Joko Widodo terima penghargaan swasembada pangan dari IRRI
Joko Widodo terima penghargaan swasembada pangan dari IRRI /Kementan RI

PORTAL PEKALONGAN – Presiden Republik Indonesia menerima penghargaan dari Lembaga Internasional, Pusat penelitian beras dunia, International Rice Research Institute (IRRI).

Penghargaan tersebut diterima Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

Selama tiga tahun berturut-turut Republik Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pokok dan mencapai swasembada terutama beras.

Baca Juga: Indonesia Capai Swasembada Beras, Prestasi Ketahanan Pangan di Tengah Krisis Global

IRRI menilai, Indonesia mencapai swasembada beras sebagai bahan kebutuhan pangan pokok domestik mencapai lebih dari 90 persen.

Diketahui, produksi beras nasional dari tahun 2019 konsisten berada di angka 31,3 juta ton sehingga berdasarkan hitungan BPS jumlah stok akhir di bulan April 2022 tertinggi di angka 10,2 juta ton.

"Dan kalau ditanya barangnya ada di mana? ya ada di masyarakat, di petani, di restoran-restoran dan juga juga di Bulog. Plus beberapa di industri-industri pangan. Inilah yang menyebabkan kenapa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah mencapai swasembada pangan," ujar Presiden, Minggu, 14 Agustus 2022.

Presiden mengatakan, di tengah ancaman krisis pangan di tingkat global, pemerintah Indonesia terus berkomitmen meningkatkan produksi nasional dan menjamin ketercukupan pangan di dalam negeri sekaligus memberikan kontribusi bagi kondisi pangan internasional.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pelaku dan bekerja di sawah, para petani Indonesia atas kerja kerasnya, tentu saja Bupati, gubernur dan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang semuanya bekerja sama dengan riset-riset dari universitas perguruan tinggi yang kita miliki. Ini adalah kerja yang terintegrasi dan kerja gotong royong," katanya.

Halaman:

Editor: Sumarsi

Sumber: Kementan RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x