PENGUMUMAN! Wilayah DKI Jakarta Jadi Kota Terpolusi Ketiga di Dunia Hari Ini

- 21 September 2023, 12:38 WIB
Ilustrasi kabut polusi udara di Jakarta.
Ilustrasi kabut polusi udara di Jakarta. /Dok IQAir/

PORTAL PEKALONGAN - Wilayah DKI Jakarta menjadi kota terpolusi peringkat ketiga di dunia, berdasarkan data IQAir pada Kamis 21 September 2023 pukul 08.00 WIB.

Menurut IQAir, kawasan Ibu Kota Jakrta pada Kamis pagi berada pada area berwarna oranye, yang artinya kualitas udara tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan indeks US AQI 141 dan level kontaminan PM 2.5 sebesar 52µg/m³.

Sementara itu, kadar polutan ini 10,4 kali lipat dari nilai pedoman kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Adapun kota terpolusi pada peringkat pertama di dunia adalah Dubai di United Emirat Arab, dan di peringkat kedua adalah Kota Kampala di Uganda.

Baca Juga: Pengendalian Polusi Udara Jabodetabek, DPR RI Berikan Catatan Penting ke Pemerintah

Dilansir Portalpekalongan.com dari Pmjnews.com, Kamis 21 September 2023, pemerintah mengimbau bagi kelompok orang yang sensitif agar memakai masker saat berada di luar ruangan, menggunakan alat penyaring udara di dalam ruangan, dan menutup jendela untuk menghindari masuknya udara berpolusi ke dalam ruangan.

Selain itu juga disarankan untuk mengurangi aktivitas fisik di luar ruang. Adapun suhu udara di Jakarta terpantau 27 derajat Celsius dengan kelembaban 64 persen dan kecepatan angin 9,3 km/jam.***

Editor: Ali A

Sumber: Pmjnews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah