Tuntaskan Sengketa Ekonomi Syariah, Kiprah Basyarnas Sudah Ditunggu Masyarakat

- 30 Oktober 2021, 21:22 WIB
Masyarakat sudah menunggu-nunggu kiprah Badan Syariah Nasional atau Basyarnas sebagai lembaga penyelesaian sengketa ekonomi syariah.
Masyarakat sudah menunggu-nunggu kiprah Badan Syariah Nasional atau Basyarnas sebagai lembaga penyelesaian sengketa ekonomi syariah. /Dok Majelis Ulama Indonesia (MUI)

PORTAL PEKALONGAN - Masyarakat sudah menunggu-nunggu kiprah Badan Syariah Nasional atau Basyarnas sebagai lembaga penyelesaian sengketa ekonomi syariah. Keaktifan Basyarnas akan menjadi kunci dalam upaya membantu menyelesaikan sengketa ekonomi syariah.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Dr KH Ahmad Daroji MSi mendorong keaktifan Basyarnas dalam acara "Halaqah Ulama Prospek Arbitrase Syariah sebagai Solusi Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah" di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu 30 Oktober 2021.

“Dulu kita punya Basyarnas (Jateng), tapi penyelesaian sengketa ekonomi syariahnya belum sempat sampai selesai,” ujar Kiai Daroji.

Baca Juga: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Kereta Api, Berikut Syarat Lengkapnya

Kepada para pengurus MUI, Kiai Daroji menjanjikan untuk memberikan Surat Keputusan terkait Basyarnas Jateng jika dirasa ada pihak yang bersedia dan berkompeten untuk bekerja di bidang tersebut.

“Saya akan memberikan SK jika ada orang yang kompeten, yang bersedia untuk bekerja. Tidak ada orang yang tiba-tiba pinter, orang yang pinter itu awalnya tidak bisa, lalu belajar menyelesaikan masalah, lalu menjadi ahli,” tamahnya.

Dalam season pertama, para peserta halaqah yang berasal dari utusan Komisi Hukum dan Komisi Fatwa merespon baik untuk keaktifan Basyarnas di tingkat wilayah atau daerah untuk menyelesaikan perkara ekonomi Syariah.

Oleh karena itu, kajian mengenai prospek arbitrase syariah dan kiprah Basyarnas sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Baca Juga: Bhayangkara Mural Festival 2021, Pemural Belia Mengaku Grogi Ditonton Ganjar Pranowo

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Majelis Ulama Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah