Rupiah Melemah ke Level Rp14.344 per dolar AS, Selasa 14 Desember 2021 Pagi

- 14 Desember 2021, 10:39 WIB
ilustrasi mata uang rupiah.
ilustrasi mata uang rupiah. /Pixabay.


PORTAL PEKALONGAN - Kurs atau nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa 14 Desember 2021 pagi melemah 13 poin atau 0,09 persen ke posisi Rp14.344 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan hari sebelumnya, Rp14.331 per dolar AS.

Pelemahan rupiah seiring pelaku pasar yang menanti respons bank sentral negara-negara maju, terutama bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) terhadap kenaikan inflasi di Negeri Paman Sam itu.

Baca Juga: Langit Merah Membara di Antara Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, Warga Takut dan Berdoa Bukan Pertanda Buruk

"Pasar akan mengamati bagaimana respons The Fed dalam menyikapi laju inflasi yang terus naik," kata analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya saat dihubungi di Jakarta, dikutip Portalpekalongan.com dari Antaranews.com, Selasa
14 Desember 2021.

Laju inflasi di Negeri Paman Sam pada November 2021 mencapai 6,8 persen year on year (yoy), angka tertinggi dalam 39 tahun terakhir.

Selain itu, lanjut Rully, bank sentral negara-negara maju lainnya juga akan mengadakan pertemuan sepanjang pekan ini, seperti Bank of Japan, Bank of England dan Bank European Central Bank, yang juga kemungkinan merespons perkembangan inflasi.

Baca Juga: Perlu Tahu! Khasiat Buah Nanas Baik untuk Kesehatan, Bagi Pria Nomor 3 Sangat Penting

"Sementara dari dalam negeri, pasar akan menunggu publikasi data neraca perdagangan besok, yang kemungkinan masih akan mencatatkan surplus besar, masih di atas 4 miliar dolar AS," ujar Rully.

Sementara itu, sari dalam negeri jumlah kasus harian Covid-19 pada Senin 13 Desember 2021 kemarin mencapai 106 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif CovidD-19 mencapai 4,26 juta kasus.

Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar Covid-19 mencapai 12 kasus sehingga totalnya mencapai 143.948 kasus.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x