Berapa Sih Harga Pasaran Sapi Limousin, Mengapa 'Sapi Sultan' Jadi Hewan Kurban Favorit Jokowi? Ini Jawabnya

- 13 Juni 2024, 10:30 WIB
Sapi Limosin berbobot 1,23 ton, segera dibawa ke MAJT Semarang dari Wonogiri sebagai hewan kurban Presiden Jokowi di hari raya Idul Adha. Presiden Jokowi direncanakan salat Idul Adha di MAJT Semarang
Sapi Limosin berbobot 1,23 ton, segera dibawa ke MAJT Semarang dari Wonogiri sebagai hewan kurban Presiden Jokowi di hari raya Idul Adha. Presiden Jokowi direncanakan salat Idul Adha di MAJT Semarang /Ali A/

 

WONGAPAK.SUARAMERDEKA.COM - "Jan-jane rego sapi limousin kuwi piro tho? Kok sering disebut sapi sultan. Ngopo kok dadi sapi kurban favorit Presiden Jokowi?" (Sebenarnya, berapa sih harga sapi jenis limousin? Mengapa sering disebut sebagai sapi sultan. Mengapa menjadi hewan kurban favorit Presiden Jokowi?)

Tahun 2022, tepatnya Kamis, 7 Juli 2022, Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban seekor sapi jenis limousin di Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak, Kalimantan Barat.

Sapi jenis limousin yang beratnya 950 kilogram tersebut diserahkan ke panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Besar Al-Ittihad Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Baca Juga: Mengapa Beda Penetapan Idul Adha 1445 H antara Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia?

Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Presiden Jokowi berkurban di Pulau Lombok. Dikutip dari NTBSatu, berat sapi limousin yang dibeli dari peternak di Gangga Lombok Utara itu mencapai 1.04 ton.

Lebaran Haji tahun 2024 ini, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan hewan kurban berupa sapi jenis limousin yang didatangkan dari peternak sapi Wonogiri ke panitia penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jl Gajah Raya Semarang. Sapi limousin itu berbobot 1,23 ton.


Sapi Limousin kerap ditawarkan penjual sebagai hewan kurban yang konon memiliki kualitas daging yang baik.

Lantas apa itu sapi limousin dan kelebihannya?

Baca Juga: Bitcoin ke IDR: Nilai Tukar Hari Ini dan Cara Melakukan Pertukaran

Mengutip laman The Cattle Site, sapi limousin dikatakan sebagai ras sapi tertua di dunia.

Sapi limousin adalah jenis sapi potong berwarna merah keemasan yang pertama kali dikembangkan di Prancis.

Sapi limousin merupakan tipe sapi potong dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental. Bobot sapi limousin dapat mencapai 1,2 ton.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah