Untuk Pembayaran Internasional, Indonesia dan China Sepakat Gunakan Mata Uang Yuan China

- 7 September 2021, 05:54 WIB
Mulai September 2021 Indonesia dan China sepakat menggunakan mata uang yuan China untuk transaksi internasional.
Mulai September 2021 Indonesia dan China sepakat menggunakan mata uang yuan China untuk transaksi internasional. /Pixabay

PORTAL PEKALONGAN - Jika biasanya transaksi internasional hanya bisa menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat (AS), ke depan Indonesia dan China sepakat membuat kebijakan baru soal transaksi internasional di kedua negara tersebut.

Bank Indonesia atau BI menyampaikan pengumuman resmi mulai September 2021 Indonesia dan China akan menggunakan mata uang Yuan sebagai alat pembayaran untuk transaksi internasional.

Dengan kebijakan baru menggunakan skema pembayaran local currency settlement atau LCS, terhitung mulai Senin 6 September 2021, dolar AS tak akan lagi digunakan sebagai mata uang pembayaran internasional kedua negara.

Baca Juga: JADWAL Acara TV One dan NET TV, 7 September 2021, Ada Rumah Mamah Dedeh dan Zombie Detective

Sebagai implementasi LCS yang menjadi kesepakatan antara Bank Indonesia dan People's Bank of China, maka untuk kerja sama bilateral Indonesia dan China akan menggunakan mata uang lokal kedua negara yakni rupiah dan Yuan China.

Dilansir Portalpekalongan dari Pikiran-Rakyat.com berdasarkan situs resmi Bank Indonesia, pada Senin 6 September 2021 kerja sama Indonesia dan China meliputi penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung atau direct quotation dan relaksasi regulasi tertentu dalam transaksi valuta asing atau valas antara rupian dah yuan.

"Kerja sama ini disusun berdasarkan nota kesepahaman yang telah disepakati dan ditandatangani oleh Gubernur BI Perry Warjiyo. Serta Gubernur PBC Yi Gang pada 30 September 2020," ujar BI dalam laman resmi mereka.

BI menjelaskan kalau pihaknya dan PBC telah menunjuk sejumlah bank di negara masing-masing untuk berperan sebagai Appointed Cross Currency Dealer atau ACCD.

Baca Juga: SIMAK Jadwal Acara TV SCTV, RCTI dan Indosiar Selasa 7 September 2021; Ikatan Cinta Pindah Jam Tayang

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah