BANGGA! UMKM Binaan Pemprov Jateng Tembus Pasar Belanda, Genjot Pertumbuhan Ekonomi

- 13 Oktober 2022, 20:01 WIB
BANGGA! UMKM Binaan Pemprov Jateng Tembus Pasar Belanda, Genjot Pertumbuhan Ekonomi
BANGGA! UMKM Binaan Pemprov Jateng Tembus Pasar Belanda, Genjot Pertumbuhan Ekonomi /

PORTAL PEKALONGAN - Lyna Windiarti, owner Double Eight Craft memiliki cerita menarik soal usaha yang dirintis sejak 2019 yaitu usaha kerajinan berbahan kain perca.


Berkat pendampingan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, usaha kerajinan berbahan kain perca miliknya, kini tembus sampai ke Belanda.

Saat ditemui di rumahnya Plamongan Indah Jln Sonokeling II D59, Kota Semarang, Lyna, mengaku awalnya ia adalah seorang penjahit pakaian wanita.
Namun, sisa kain perca ia kumpulkan dan akhirnya muncul ide untuk mengolahnya kembali.


"Jadi kemudian waktu itu nggak saya buang perca-percanya saya simpan, saya kumpulkan akhirnya saya olah lagi menjadi produk seperti homedekor atau home tekstil yaitu sarung bantal, taplak meja, bad cover, sama cover sofa. itu awal usaha mulainya kerajinan perca," katanya, Kamis, 13 Oktober 2022.

Baca Juga: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Resmikan Flyover Ganefo Mranggen Sepanjang 780 Meter

Lyna hanya menjual melalui jaringan pertemanan, di awal usaha kerajinan kain perca di tahun 2019 itu. Sampai saat ia mendapat pembinaan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, usahanya kian berkembang dan maju.


"Kontribusinya (Pemprov) sangat bagus sih mas. Jadi, pertama itu saya dikasih pelatihan-pelatihan yang awal-awal itu saya ikut pelatihan HAKI untuk mematenkan mereknya supaya mereknya tidak dipakai orang. Kemudian saya ikut lagi pelatihan manajemen yaitu pelatihan digital marketing. kemudian saya ikut lagi pelatihan public speaking. waktu itu saya juga dapat dana hibah yaitu untuk mengelola instagram itu untuk medsosnya," paparnya.


Dari sanalah, usaha Double Eight Craft miliknya mulai merambah pasar nasional, bahkan mancanegara. Seperti produk sarung bantal, taplak meja, sama cover sofa.

Baca Juga: Rizky Billar Resmi Berbaju Oranye, Lesti Kejora Cabut Tuntutan?


"Tentu tambah bagus ya mas, tambah dikenal gitu. Karena kan tadinya yang mulai instagramnya mungkin kurang bagus kurang rapi. Medsosnya jadi rapi terus banyak followersnya juga terus banyak yang order. itu terus ada fasilitas seperti pameran gitu, biasa kalau sudah pameran itu banyak yang tahu, banyak masuk orderan juga. Penjualannya sekarang sudah sampai ke nasional yaitu ke pulau Sumatera sama pulau Kalimantan. Yang terakhir Alhamdulillah ada juga yang order yang dibawa ke Belanda," terangnya.

Halaman:

Editor: Leni Nurindah Lailatul Fitriana

Sumber: Humas Pemprov Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x