Rencana Impor KA Bekas dari Jepang, Djoko Setijowarno: Jadilah Bangsa Mandiri

- 6 Maret 2023, 15:51 WIB
Perkeretaapian di Sulses, Djoko Setijowarno: Ada 6 manfaat
Perkeretaapian di Sulses, Djoko Setijowarno: Ada 6 manfaat /Ali A/

PORTAL PEKALONGAN - Pembelian barang bekas, termasuk Kereta Api bekas dari Jepang, harus diakhiri. Hal itu diungkapkan Djoko Setijowarno tokoh Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) yang juga Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Semarang.

Dalam rilisnya yang disampaikan ke redaksi portalpekalongan.com, Djoko Setijowarno menyatakan memproduksi sendiri sarana perkeretaapian memang mahal di awal, namun lebih murah pada perawatan yang akhirnya bangsa sendiri bisa mandiri.

Pengguna KRL Commuter Line diedukasi, sehingga tarif bisa naik. Pemerintah memperhatikan tambahan subsidi agar operator perkeretapian bisa mengoperasikan dan melayani dengan optimal.

Skenario efisiensi PSO KRL Commuter Line.
Skenario efisiensi PSO KRL Commuter Line.

Presiden RI Joko Widodo pada Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII HIPMI Tahun 2021, Jumat (05 Maret 2021), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, menyampaikan kepada kementerian dan lembaga, kepada BUMN (Badan Usaha Milik Negara), semua BUMN untuk memperbesar TKDN (Tingkat Komponen dalam Negeri). Jangan sampai proyek-proyek pemerintah, proyeknya BUMN masih memakai barang-barang impor. Kalau itu bisa dikunci, itu akan menaikkan sebuah permintaan produk dalam negeri yang tidak kecil.

Baca Juga: Tampil dengan Sentuhan Lebih Sporty, Honda Brio RS Urbanite Edition Paling Dicari Anak Muda

Menurut dia, sikap cinta Tanah Air bisa ditunjukkan dengan mencintai produk dalam negeri. Artinya saat kita menggunakan produk buatan Indonesia, hal ini memperlihatkan bahwa kita bangga dan mencintai tanah air.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x