10 Tips Praktis agar Hidupmu Bebas Utang, Punya Tabungan, Dana Darurat, dan Investasi

- 16 Agustus 2023, 10:37 WIB
Ilustrasi tips praktif bebas utang, bahkan punya tabungan dan investasi.
Ilustrasi tips praktif bebas utang, bahkan punya tabungan dan investasi. /Pexels/Ahsanjaya/

PORTAL PEKALONGAN - Inilah 10 tips praktis agar hidup kita bebas Utang, bahkan punya banyak tabungan, dana darurat, dan investasi untuk pendapatan tambahan atau rencana keuangan jangka panjang.

Hidup di zaman yang dinamis dan semua kebutuhan serba tersedia, mengancam pola hidup kita jadi komsumtif dan boros, bahkan kalau sedang tidak punya uang berani utang.

Ingat, utang yang tidak terkendali dapat menghambat pertumbuhan finansial dan mengakibatkan stres yang berkepanjangan. Untuk membantu Anda mencapai kehidupan yang bebas utang dan menjaga keuangan tetap aman, berikut ini 10 tips praktis yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga: Pastikan Penerapan SSm JI-QC, Karantina Pertanian Semarang Bersama BPK Tinjau Pelabihan Tanjung Emas

1. Buat Rencana Keuangan yang Jelas

Langkah pertama untuk hidup bebas utang adalah membuat rencana keuangan yang jelas dan realistis. Tetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan panjang, serta buat anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran rutin, tabungan, investasi, dan pelunasan utang (jika ada).

2. Prioritaskan Tabungan dan Investasi

Menabung dan berinvestasi adalah kunci untuk mencapai kestabilan keuangan jangka panjang. Tentukan persentase pendapatan Anda yang akan dialokasikan untuk tabungan dan investasi setiap bulan sebelum Anda menghabiskannya untuk pengeluaran lainnya.

Halaman:

Editor: Ali A


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x