Pimpinan Perusahaan Industri Manufaktur Diharapkan Memberi Respons Positif pada Petugas BPS

- 30 April 2024, 09:00 WIB
Tata Cara Pengisian SKIM
Tata Cara Pengisian SKIM /Ali A/

 


PORTAL PEKALONGAN - SEMARANG -
Para pimpinan perusahaan manufaktur diminta memberi respons positif kepada para petugas BPS atau sureyor yang datang untuk mengumpulkan data. Hal itu ditegaskan Tri Karjono, Statistisi Ahli Madya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah.

"Untuk mengetahui bagaimana perkembangan sektor industri manufaktur di Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2024 ini kembali mengadakan pendataan terhadap keberadaan seluruh perusahaan industri manufaktur skala besar dan sedang," jelasnya.

Baca Juga: 10 Contoh Soal Ulangan Harian, Sumatif Matematika SMP MTs Kelas 8 Materi BRSD Beserta Kunci Jawaban

Selanjutnya, pendataan yang lebih rinci akan dilakukan secara sampel terhadap sebagian besar perusahaan.

"Khusus perusahaan dengan produk utama tekstil dan produk tekstil akan dilakukan pendataan detail secara sensus atau seluruh perusahaan yang ada," kata Tri Karjono, Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Jawa Tengah selaku penanggung jawab kegiatan di Provinsi Jawa Tengah, saat mendampingi calon instruktur provinsi melakukan pelatihan yang dilaksanakan oleh BPS Pusat (Senin, 29/04/2024).

“Terhadap informasi umum perusahaan, akan dilakukan secara sensus atau terhadap seluruh perusahaan industri pengolahan skala besar dan sedang. Sedangkan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci dilakukan terhadap sebagian besar perusahaan, kecuali perusahaan yang memproduksi tekstil dan produk tekstil (TPT). Untuk perusahaan tekstil dan produk tektil, informasi detail akan dilakukan terhadap semua perusahaan.”

Baca Juga: Dengan Alasan Membela Diri, Israel Tak Pedulikan Ancaman ICC, Netanyahu Akan Lanjutkan Perang di Gaza

Selama ini andil yang diberikan sektor industri manufaktur terhadap kondisi perekonomian Jawa Tengah tidak kurang dari 33 persen.

Ini merupakan andil terbesar dibanding sektor-sektor lain berikutnya seperti pertanian, perdagangan, konstruksi yang berada jauh di bawahnya.

Halaman:

Editor: Ali A


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah