Ramadhan Segera Tinggalkan Kita, Allah Menyiramkan Samudera Maghfirah dan Mengabulkan Doa-Doa HambaNya

- 18 April 2023, 21:16 WIB
Prof Ahmad Rofiq
Prof Ahmad Rofiq /Ali A/

Oleh: Prof Ahmad Rofiq*)

Di dalam bulan Ramadhan, Allah ‘Azza wa Jalla menyiramkan samudera maghfirah dan mengabulkan doa-doa hamba-Nya, yang mau berdoa dengan rendah hati dan memohon kepada-Nya, dan senantiasa menjaga kualitas iman dan taqwanya. Keutamaan dan pahala dilipatgandakan.

PORTAL PEKALONGAN - Renungan ini ditulis saat kumandang ayat suci Alquran sedang dilantunkan secara apik, memberi sinyal akan segera masuk waktu shalat Ashar, 27 Ramadhan 1444 H. Berarti malam 28 Ramadhan tinggal tiga jam kurang.

Idul Fitri 1444 H bagi saudara kita yang berafiliasi ke Muhammadiyah, akan dirayakan Jumat, 21 April 2023 M, sementara pemerintah dan warga Nahdlatul Ulama dan masyarakat lainnya, akan dengan setia menunggu pengumuman pemerintah setelah sidang itsbat yang dipimpin secara langsung oleh Menteri Agama RI, Gus Yaqut Cholil Qoumas usai.

Tulisan ini tidak hendak menyoal tentang perbedaan pelaksanaan shalat Idul Fitri apakah Jumat, 21 April 2023 ataukah 22 April 2023? Yang jelas, semuanya melaksanakan shalat Id pada 1 Syawal 1444 H.

Baca Juga: Aplikasi Travoy Siap Layani Mudik Lebih Seru dengan Versi Terbarunya

Mari kita simak secara seksama, pesan Rasulullah saw: “Sekiranya umatku mengetahui — dengan baik — sesuatu — rahasia, hikmah, atau keutamaan — yang ada di dalam bulan Ramadhan, sungguh mereka akan berharap seluruh tahun menjadi Ramadhan semua” (Riwayat Ibnu Hajar al-‘Asqalani dari Ibnu Masud al-Ghifary).

Pesan tersebut menggambarkan betapa sangat mulia, agung, dan luar biasanya keberadaan bulan suci Ramadhan. Di dalamnya berlimpah kasih sayang dan keberkahan yang Allah limpahkan kepada hamba-hamba-Nya, yang merindukan akan surga dan perjumpaan dengan Allah yang kenikmatannya tidak bisa dibayangkan dengan apapun.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Prof Ahmad Rofiq


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah