Fakta Terbaru Hasil Pengujian Lemigas, Menjawab Viral Angka Oktan Pertalite Lebih Rendah dari Revvo

- 7 November 2022, 07:54 WIB
Hasil pengujian Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) Lemigas Ditjen Migas Kementerian ESDM menunjukkan angka oktan atau RON bensin Pertalite mencapai 90,7.
Hasil pengujian Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) Lemigas Ditjen Migas Kementerian ESDM menunjukkan angka oktan atau RON bensin Pertalite mencapai 90,7. /ANTARA/HO-Lemigas Ditjen Migas Kementerian ESDM/

 

 

PORTAL PEKALONGAN - Sempat viral di media sosial Twitter terkait sebuah unggahan yang menyatakan hasil pengujian angka oktan Pertalite lebih rendah dari Revvo, keluaran Vivo, pada Oktober 2022 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) Lemigas Ditjen Migas Kementerian ESDM melakukan pengujian angka oktan atau RON bensin Pertalite, yang diambil di SPBU PT Pertamina (Persero), Taman Mini, Jakarta.

Kepala Lemigas Ariana Soemanto menyampaikan, hasil pengujian terhadap Pertalite menunjukkan angka oktan atau RON mencapai 90,7.

Baca Juga: Ibu Nyai Se-Indonesia Kumpul di Semarang, Empati Bullying dan Perilaku Asusila di Pondok Pesantren

Dijelaskan, pengujian sampel tahap awal terhadap bensin RON 90 itu mencakup 19 parameter uji sesuai Keputusan Direktur Jenderal Migas Nomor No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90, yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

"Salah satu parameter ujinya yaitu angka oktan (RON), di mana hasil pengujiannya tidak ada RON Pertalite yang di bawah 90, semuanya di atas RON 90, dan ada juga RON-nya sampai 90,7. Pengujian ini akan terus dilakukan secara lebih luas ke berbagai SPBU lainnya, jadi lebih masif lagi," ujar Ariana dilansir Portalpekalongan.com dari Antaranews.com, Senin 7 November 2022.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengungkapkan hasil uji sampel bensin di SPBU bisa beragam dan dapat dimaklumi selama masih sesuai standar dan mutu.

Baca Juga: Clevan dan Lanova, Dua Pembalap Muda Indonesia Berlaga di FIM MiniGP World Series 2022 di Spanyol

Halaman:

Editor: Arbian T

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x