PLTS Terapung Cirata di Purwakarta Mulai Beroperasi, Salah Satu yang Terbesar di Asia Tenggara

- 10 November 2023, 08:33 WIB
 Presiden Jokowi meninjau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis 9 November 2023.
Presiden Jokowi meninjau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis 9 November 2023. /BPMI Setpres/Muchlis Jr/

 

PORTAL PEKALONGAN - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis 9 November 2023. Setelah itu PLTS ini mulai beroperasi dan menghasilkan daya listrik berkapasitas 192 megawatt peak (MWp).

Presiden Jokowi mengapresiasi selesainya pembangunan PLTS terapung tersebut. Menurut Presiden, PLTS Terapung Citara termasuk dalam salah satu PLTS terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah karena mimpi besar kita untuk membangun pembangkit energi baru terbarukan (EBT) dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana,” kata Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan PLTS Terapung Cirata 192 MWp, Kamis 9 November 2023.

Baca Juga: Tanggapi Putusan MK dan Wacana Gibran Diusulkan Jadi Cawapres, Presiden Jokowi: Saya Tidak Mencampuri

PLTS Terapung Cirata yang berada di atas Waduk Cirata ini memiliki kapasitas 192 megawatt peak (MWp). Selain PLTS, di kawasan waduk ini juga telah ada pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan kapasitas 1.000 megawatt.

“Ke depan kalau dimaksimalkan bisa menambah kurang lebih 1.000 megawatt peak. Jadi nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau juga,” tambahnya.

Jokowi juga menjelaskan bahwa pembangunan PLTS tersebut merupakan hasil kerja sama antarkementerian bersama PLN, serta kolaborasi dengan perusahaan dari Persatuan Emirat Arab (PEA). Dengan teknologi yang telah ada, Presiden meyakini seluruh potensi energi baru terbarukan di Indonesia dapat dimanfaatkan dengan baik.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Presidenri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x