Tips Jauh dari Utang, Hidup Nyaman karena Keuangan Aman

- 14 April 2024, 20:00 WIB
Shopee PayLater
Shopee PayLater /Ali A/

PORTAL PEKALONGAN - Hutang atau utang? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): kata yang benar adalah utang, bukan hutang. Nah, ini ada tips jauh dari utang, hidup nyaman karena keuangan aman.

Simak artikel ini jika ingin keuangan aman dan menjadi pribadi yang tidak boros. Di dalam artikel diberikan tips mengelola keuangan agar aman dan tidak boros.

Berikut adalah beberapa cara menghemat uang untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek:

Baca Juga: Dewa Penyelamat Debitur Galbay Pinjol Itu Bernama DC Shopee PayLater, Simak Penjelasannya

1. Beli buku catatan harian.

Kelihatan sepele. Tapi ini penting, karena semua pemasukan dan pengeluaran harus dicatat dengan rapi. Jika perlu catat jam, hari, tanggal, bulan, tahun. Mengapa harus sedetail itu, karena suatu saat nanti pasti catatan yang terperinci itu akan banyak manfaatnya.

2. Membuat anggaran

Buatlah anggaran bulanan. Tentu saja pengeluaran jangan pernah lebih dari pemasukan. Dengan begitu, kamu dapat memantau pengeluaran dan mengetahui di mana uangmu digunakan.

3. Prioritaskan kebutuhan

Prioritaskan kebutuhan yang penting dan hindari pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, jika membeli sesuatu hanya karena ingin, maka sebaiknya nanti dulu deh. Kecuali membeli sesuatu karena butuh atau kebutuhan, itu sangat beda maknanya.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x