Nuzulul Quran Pesan Penting Ilmu dan Agama, Prof Ahmad Rofiq: Pembuka Jendela Dunia

- 9 April 2023, 12:48 WIB
Prof Ahmad Rofiq
Prof Ahmad Rofiq /Dwi Widiyastuti/

Oleh: Ahmad Rofiq*)

PORTAL PEKALONGAN - Wahyu pertama yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad saw, sekaligus sebagai pengukuhan sebagai Rasul atau utusan Allah, adalah ayat 1-5 QS. Al-‘Alaq.

“Bacalah (wahai Muhammad) dengan (menyebut) Asma Tuhanmu, Yang Menciptakan. Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.

Ayat-ayat di atas menegaskan bahwa makna membaca yang akan menjadi pembuka jendela dunia, berupa ilmu dan pengetahuan, haruslah ilmu yang didasari dengan basis teologis dan kesadaran akan hadirnya Tuhan di dalamnya.

Baca Juga: Pemprov Jatim Sediakan Hadiah Umroh untuk Masyarakat yang Taat Pajak

Ini sekaligus menafikan, sifat dan sikap anti Tuhan atau ateisme. Meminjam bahasa Albert Einstein, ia mengatakan: “Religion without science is blind. Science without religion is paralyzed” artinya “Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh”.

Pernyataan ini dapat dimaknai bahwa ada dualitas beroposisi biner yang mesti didalami secara simultan. Pertama tentang pentingnya agama untuk melambari ilmu pengetahuan, dan yang kedua perlunya ilmu dalam pengamalan agama.

Baca Juga: Tips Cegah Sariawan agar Tidak Muncul saat Puasa, Kamu Wajib Kepoin, Nih!

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Prof Ahmad Rofiq


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah