Para Statistisi Ahli BPS Butuh Kejujuran Pelaku Usaha Manufaktur, Tujuannya untuk Ini

- 15 Desember 2022, 13:41 WIB
Statistisi ahli Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jateng Tri Karjono
Statistisi ahli Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jateng Tri Karjono /Ali A/

PORTAL PEKALONGAN - Statistisi ahli Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jateng Tri Karjono menyatakan bahwa menjelaskan bahwa dari indikator statistik menunjukkan sepertiga lebih kondisi perekonomian Jawa Tengah ditentukan oleh kinerja sektor industri manufaktur.

"Sebanyak 93 persen lebih nilai ekspor Jawa Tengah di tahun 2022 ini merupakan hasil produksi industri manufaktur," jelas Tri Karjono, Statistisi Ahli BPS Provinsi Jateng saat diundang untuk menjadi pembicara ahli pada Focus Group Discussion (FGD) BPS Kabupaten Demak bersama para pelaku usaha industri manufaktur, Kamis, 15 Desember 2022.

Menurut dia, keberadaan industri manufaktur terutama skala besar dan sedang menjadi penting bagi potensi tingginya nilai tambah dan naiknya kesejahteraan masyarakat melalui serapan tenaga kerja yang tinggi.

"Maka ketika informasi dari para pelaku usaha industri sebagai dasar dari penghitungan berbagai indikator ekonomi tersebut tidak lengkap, terlambat atau tidak jujur maka jelas akan mengurangi nila kesahihannya," tegasnya.

Baca Juga: Tidak Penuhi Nazar, Ustadz Abdul Somad Beritahu Cara Menebus Dosanya

Dia berharap, dengan FGD ini diharapkan kesadaran pelaku usaha industri manufaktur besar dan sedang akan pentingya kualitas data menjadi semakin tinggi.

Sehingga semakin hari respons rate semakin baik, semakin tepat waktu dan semakin jujur.

FGD diikuti oleh pelaku usaha perusahaan besar dan sedang yang ada di Kabupaten Demak yang memang secara rutin menjadi bagian objek sumber data bagi BPS dalam tugasnya.

Yaitu melakukan pengumpulan, pengolahan hingga mendiseminasikan berbagai indikator statistik strategis kepada pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga: Waktu yang Tepat Membaca ‘Amin’ Dalam Sholat Berjamaah

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x