Tragedi Uang Rusak Dimakan Rayap, LPS Berikan Tips Aman Menyimpan Uang di Bank

- 31 Agustus 2023, 00:20 WIB
Pemilik akun Tiktok @raniderry mengunggah video memperlihatkan uangnya yang rusak dimakan rayap.
Pemilik akun Tiktok @raniderry mengunggah video memperlihatkan uangnya yang rusak dimakan rayap. /Tangkapan layar/Tiktok @raniderry/

 


PORTAL PEKALONGAN - Sepandai-pandainya menyimpan uang di rumah, tetap ada risiko besar kehilangan. Mulai dari ancaman uang rusak dimakan rayap, kasus pencurian atau perampokan, hingga risiko kerusakan atau kehilangan akibat terjadi bencana seperti kebakaran atau banjir masuk rumah.

Jadi, tidak ada satu alasan pun yang membenarkan menyimpan uang di rumah, kecuali uang untuk kebutuhan sehari-hari. Risiko uang rusak karena dimakan rayap gara-gara menabung dalam celengan di rumah, bukan hanya sekadar peringatan kewaspadaan, tetapi sudah banyak kejadian dengan nilai kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Portal Pekalongan memilki catatan sejumlah tragedi uang puluhan juta rusak dimakan rayap, membuat korbannya menangis, meratap, dan menyesal telah melakukan kesalahan besar dalam hidupnya.

Tragedi uang dalam celengan plastik senilai sekitar Rp50 juta rusak dimakan rayap pernah dialami Samin, seorang penjaga sekolah di SDN Lojiwetan, Solo, Jawa Tengah. Kisah memilukan yang dialami Samin itu sempat menjadi perhatian masyarakat luas pada September 2022, setelah viral melalui media sosial dan pemberitaan media massa.

Samin menceritakan, dia bersama istrinya, Sri Kadarwati, setiap hari rutin menabung uang kertas pecahan Rp50 ribu atau Rp100 ribu ke dalam celengan plastik hasil dari hasil jualan makanan di kantin sekolah. Selain itu, Samin juga mendapat uang tambahan dari hasil langganan antar-jemput siswa.

Setelah 2,5 tahun berjalan, Samin memiliki catatan tabungannya sudah mencapai total sekitar Rp100 juta, terbagi dalam dua celengan plastik. Uang tabungan itu rencananya akan digunakan untuk mendaftar ibadah haji.

Menurut Samin, awalnya hanya menabung pada satu celengan plastik sampai penuh. Kemudian menambah satu celengan plastik untuk menabung berikutnya. Akhirnya celengan kedua juga penuh, hingga Samin dan istrinya kesulitan ketika memasukkan uang kertas ke dalam celengan.

Namun suatu hari, istri Samin, Sri Kadarwati menemukan keanehan ketika memasukkan uang ke dalam celengan. Ia mengaku sangat mudah ketika memasukkan uang ke dalam celengan, sepertinya isi celengan agak kosong. Ketika ditekan juga celengan itu mudah gepeng.

Penasaran, Sri Kadarwati mencoba mengeluarkan uang kertas dari dalam celengan. Ternyata ada beberapa rayap yang terbawa keluar. Merasa panik, ia memanggil suaminya.

Halaman:

Editor: Ali A


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x