Resmi Dibuka Rute Penerbangan Wing Air Pondok Cabe-Purbalingga dan Pondok Cabe-Cepu Blora

- 6 Agustus 2022, 16:50 WIB
Ketua MPR RI  Bambang Soesatyo meresmikan rute baru penerbangan pesawat Wing Air untuk rute Pondok Cabe-Purbalingga (PP) dan Pondok Cabe-Cepu Blora (PP), Jumat 5 Agustus 2022.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meresmikan rute baru penerbangan pesawat Wing Air untuk rute Pondok Cabe-Purbalingga (PP) dan Pondok Cabe-Cepu Blora (PP), Jumat 5 Agustus 2022. /Dok MPR RI

 

PORTAL PEKALONGAN - Ketua MPR RI sekaligus Legislator Partai Golkar Dapil Jawa Tengah 7 (Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen) Bambang Soesatyo bersama Presiden Direktur Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi meresmikan dan membuka penerbangan perdana Lion Group dengan menggunakan maskapai Wings Air, rute penerbangan Pondok Cabe-Purbalingga (PP) dan Pondok Cabe - Cepu Blora (PP), Jumat 5 Agustus 2022.

Pada kesempatan itu, Ketua MPR RI yang akrab disapa Bamsoet itu juga mendorong pemerintah, khususnya Pertamina, bisa menurunkan harga jual avtur di Indonesia menjadi lebih murah atau setidaknya mengimbangi harga jual avtur di Singapura dan Malaysia. Sehingga, dapat menciptakan persaingan usaha yang sehat dan kompetitif.

Baca Juga: Viral! Video Penumpang Pesawat Marah-Marah Karena Jadwal Penerbangan Molor

Dijelaskan, saat ini harga avtur berkontribusi sekitar 30-40 persen terhadap biaya operasional pesawat. Sehingga tingginya harga avtur menyebabkan harga jual tiket kepada konsumen menjadi tinggi. Sebagai gambaran, harga jual tiket rute penerbangan Pondok Cabe-Purbalingga maupun sebaliknya, mencapai Rp 1.140.000 per orang.

"Tingginya harga tiket pesawat di berbagai rute penerbangan lainnya turut menghambat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Padahal selama pandemi, industri penerbangan termasuk sektor usaha yang paling terpuruk. Kini setelah pandemi mereda dan masyarakat sudah bisa bepergian, industri penerbangan kembali dihadapkan pada masalah tingginya harga avtur. Karena itu, pemerintah harus segera mencari solusinya, salah satunya dengan mempertimbangkan swasta dan pelaku usaha migas lainnya masuk menjadi pemasok avtur di industri penerbangan," ujar Bamsoet saat membuka penerbangan perdana Pondok Cabe-Purbalingga (PP) dan Pondok Cabe-Cepu Blora (PP) di Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat 5 Agustus 2022.

Hadir pada peresmian penerbangan perdana itu antara lain, Bupati Blora Arief Rohman, Presiden Direktur Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, Plt Direktur Utama Wings Air Capt. Fitzgerald Julian Rachman, Wakil Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat Brigjen TNI Achdwiyanto Yudi Hartono, Asisten Personel Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsda TNI Elianto Susetio, Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Putu Eka Cahyadi, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu, serta CEO Pelita Air Dendy Kurniawan.

Baca Juga: Penerbangan Perdana Pelita Air Rute Jakarta-Bali PP, Simak Cara Beli Tiket

Mamsoet menjelaskan, tidak kurang dari tiga tahun diupayakan agar ada penerbangan langsung dari Jakarta menuju Purbalingga dan sebaliknya. Dengan hadirnya rute tersebut semakin membuka konektifitas wilayah Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen), yang selama ini kesulitan akses dari dan menuju Jakarta.

Halaman:

Editor: Arbian T


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x