Gagal Negosiasi dengan DC Shopee, Orang Ini Membagikan Pengalaman Skor Buruk SLIK OJK

- 14 April 2024, 09:00 WIB
galbay Shopee PayLater bagikan pengalaman
galbay Shopee PayLater bagikan pengalaman /Ali A/



PORTAL PEKALONGAN - "Ini pelajaran berharga yang pernah saya alami. Jangan sampai galbay pinjol. Kalau terpaksa galbay pinjol, usahakan ada titik temu saat bernegosiasi dengan DC Shopee. Minta agar perusahaan pinjol itu tidak melaporkan nama Anda di Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan atau SLIK OJK," nasihat dari akun FB @a****i yang diunggah awal Januari 2024.

Mengapa demikian? Sebab, lanjut dia, jika seseorang tidak melunasi utang di bank atau lembaga keuangan maka ia akan memiliki skor buruk di regulator.

Seandainya penilaian pada SLIK OJK buruk atau bahkan sampai masuk daftar hitam atau blacklist, maka peminjam akan sulit untuk mendapatkan akses kredit dari bank dan lembaga keuangan lagi.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Skor Kredit Buruk di SLIK OJK terkait Galbay Pinjol dan Kedatangan DC Shopee PayLater

"Kalau skornya buruk, semuanya serba sulit." Misalnya ada tagihan kartu kredit tidak lunas ratusan ribu saja. Akan pengaruh tidak bisa ambil KPR atau kredit kendaraan misalnya. Ini akan menyulitkan ke depan.

Itulah pengalaman seorang galbay Shopee PayLater yang diunggah di medsos awal Januari 2024 silam. Pengalaman seseorang akibat mendapat penilaian skor buruk SLIK OJK akibat galbay pinjol dan menghindari debt collector atau DC Shopee.

Di saat gagal bayar pinjaman online atau galbay pijol tentu seseorang itu harus berurusan dengan DC Shopee. Namun karena saat negosiasi, tidak ditemukan titik temu.

Akhirnya pihak pengelola pinjol lapor SLIK OJK karena debitur galbay dan DC Shopee gagal mencapai kesepakatan. Pelajaran yang bisa dipetik dari hal ini adalah penting untuk menjaga SLIK OJK tetap bersih dengan melunasi utang atau tidak galbay pinjol.

Meski sudah masuk dalam daftar hitam OJK, peminjam sebenarnya masih dapat mengajukan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Namun, peminjam tetap harus melunasi utangnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Menunda Kedatangan DC Shopee Paylater ke Rumahmu

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: Facebook ojk.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x