Tiga Bank AS Bangkrut dan Ditutup, Indonesia Disebut Tak Bakal Kena Dampaknya, Ini Sebabnya

- 14 Maret 2023, 18:36 WIB
Nasabah mengantre di luar kantor cabang Silicon Valley Bank di Wellesley, Massachusetts, AS, Senin13 Maret 2023.
Nasabah mengantre di luar kantor cabang Silicon Valley Bank di Wellesley, Massachusetts, AS, Senin13 Maret 2023. /ANTARA/REUTERS/Brian Snyder/



PORTAL PEKALONGAN - Tiga bank Amerika Serikat (AS) bangkrut dan akhirnya ditutup akibat neraca keuangnnya yang memburuk. Namun penutupan dan pengambilalihan tiga bank oleh Pemerintah AS tersebut konon tidak bakal berdampak langsung bagi keuangan Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh analis sekaligus praktisi hukum kepailitan dan restrukturisasi utang dari kantor Frans & Setiawan Law Office, Hendra Setiawan Boen.

Menurutnya, penutupan ketiga bank AS yang bangkrut tersebut tidak akan berdampak banyak bagi sektor keuangan Indonesia, bahkan tidak akan mengulang kembali krisis ekonomi besar tahun 2007-2008.

Baca Juga: Tenaga Honorer Kesehatan dan Pendidikan Siap-Siap Jadi ASN, Ini Penjelasan Men-PAN RB

"Pertama, pemerintah Amerika Serikat telah bergerak cepat mengantisipasi dengan memastikan semua deposan akan dapat mengambil kembali uang mereka. Karena sejak krisis subprime mortgage tahun 2007, pemerintah Amerika Serikat telah mencadangkan uang lebih dari 100 miliar dolar AS sebagai jaring pengaman apabila terjadi peristiwa semacam ini," kata Hendra, di Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Dalam pandangnya, kejadian itu hanya berdampak besar bagi negara yang memiliki cabang dari ketiga bank tersebut.

Itu pun, lanjutnya, pemerintah negara-negara tersebut pasti akan segera melakukan upaya mitigasi risiko.

Baca Juga: TERFAVORIT! Tembus 4.612 Pendaftar, IAIN Kediri Raih Juara Pertama SPAN-PTKIN 2023 Lingkup IAIN se Indonesia

Inggris misalnya, lolos dari krisis karena bank HSBC bersedia membeli saham Silicon Valley Bank Cabang Inggris dengan harga 1 poundsterling dan menjamin simpanan deposan.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x