Bansos YAPI untuk Anak Yatim, Begini Syarat dan Cara Daftar

- 9 Mei 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi anak yatim - Panduan Lengkap Mendaftar Bansos YAPI
Ilustrasi anak yatim - Panduan Lengkap Mendaftar Bansos YAPI /Instagram/@kemensosri

PORTAL PEKALONGAN - Artikel kali ini akan membahas secara mendalam tentang Bantuan Sosial (Bansos) YAPI, yang dirancang khusus untuk membantu anak yatim, piatu, dan yatim piatu di Indonesia.

Bansos YAPI ini telah ada sejak beberapa tahun lalu dan terus berlanjut sebagai salah satu upaya pemerintah dalam membantu anak-anak yang kehilangan orang tua mereka, khususnya yang terdampak oleh pandemi COVID-19 atau alasan lain.

Bansos YAPI adalah program bantuan sosial yang ditujukan untuk anak yatim piatu yang ditinggal mati orang tuanya karena berbagai sebab, termasuk akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: KPM Wajib Tahu! Ini Jadwal Distribusi Bansos Beras 10 kg Tahun 2024

Program ini tidak hanya terbatas pada anak-anak yang orang tuanya meninggal karena COVID-19, namun juga mencakup anak yatim dan piatu secara umum yang membutuhkan perhatian khusus untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tujuan utama dari Bansos YAPI adalah untuk mendukung pemenuhan kehidupan layak bagi anak-anak yatim piatu sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

Program ini juga bertujuan untuk memperkuat tanggung jawab keluarga dalam memenuhi hak anak, menyediakan perawatan atau pengasuhan alternatif, dan meningkatkan aksesibilitas anak untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya secara optimal.

Bantuan ini diutamakan bagi anak-anak yatim piatu yang:

Baca Juga: Deretan Fakta Bansos BPNT yang Perlu Dipahami

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: YouTube Pendamping Sosial


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah